Apresiasi Kinerja MA, Presiden RI Jokowi Tekankan Pentingnya Kredibilitas Hakim

Home / Berita / Apresiasi Kinerja MA, Presiden RI Jokowi Tekankan Pentingnya Kredibilitas Hakim
Apresiasi Kinerja MA, Presiden RI Jokowi Tekankan Pentingnya Kredibilitas Hakim Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama jajarran pimpinan MA (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)

TIMESTASIKMALAYA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengapresiasi kinerja Mahkamah Agung (MA) yang telah melakukan reformasi besar-besaran di dunia peradilan. Namun ia juga menegaskan pentingnya kredibilitas hakim sebagai sosok pengadil.

Hal itu diutarakan presiden pada Laporan Tahunan MA Tahun 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), DKI Jakarta pada Rabu (26/2.2020). Menurutnya, reformasi hukum penting untuk melayani masyarakat secara cepat, transparan, juga memberikan keadilan dan rasa adil pada masyarakat.

"Kredibilitas lembaga peradilan sangat ditentukan oleh kredibilitas para hakimnya. Karena itu, reward dan punishment harus diterapkan secara konsisten," ujarnya.

Ia meyakini dengan kualitas SDM yang makin baik maka kualitas putusan juga akan semakin baik. Ia juga mendukung langkah MA dan Komisi Yudisial untuk meningkatkan pengawasan hakim.

"Hakim-hakim yang bersih dan berkualitas harus diberikan apresiasi dan penghargaan, sehingga tercipta peradilan yang bersih, peradilan yang berwibawa, seperti yang diharapkan oleh seluruh masyarakat," tuturnya.

Presiden mengaku memahami tantangan yang dihadapi MA dan jajarannya sangat berat dan tidak mudah. Untuk itu, semua warga negara terutama dari keluarga kurang beruntung, harus berani memperjuangkan keadilan. 

Ia menegaskan masyarakat harus memperoleh layanan yang makin baik dan cepat di tengah masalah yang makin kompleks. Untuk itu ia memuji upaya MA mewujudkan peradilan yang sederhana,  cepat dan berbiaya ringan. "Ada di e-Court, ada e-Summons, e-Filing, e-Payment, dan juga ada e-Litigation," tukasnya.

Presiden RI Jokowi menyatakan akan terus mendukung upaya MA meningkatkan kualitas putusan para hakim melalui peningkatan kualitas SDM, baik itu calon hakim maupun hakim yang sudah ada. Hal ini penting sebagai bagian tumbuhnya kepercayaan masyarakat pada hukum dan dunia peradilan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com